-->

20+ Tips Cara amanakan Server

    server aman,  Karena website menjadi salah satu aset utama yang kita miliki di dunia online untuk mengenalkan bisnis atau usaha kita kepada pengguna internet.

    Keamanan siber menjadi tantangan di Industri digital Indonesia. Ancaman siber bisa menyasar pengguna dan perusahaan penyedia produk atau jasa dengan tujuan mendisrupsi pengoperasian bisnis usaha. Selain itu, ancaman siber juga bisa bertujuan untuk mengakses data para pengguna produk atau jasa digital untuk mencuri identitas serta menjualnya kepada pihak ketiga. 

    Guna meminimalisasi kejadian yang tidak diharapkan, pengguna perlu menjaga data pribadinya agar dapat melindungi dirinya dari kejahatan digital, ada sejumlah cara untuk menjaga keamanan data dari kejahatan dunia maya.

    Saat pengguna mulai mengakses aplikasi online baik fintech, e-commerce, maupun media sosial, para pengguna harus memastikan data pribadi apa yang dicantumkan dalam aplikasi tersebut. Apakah membahayakan atau tidak. Dengan kata lain, 

    apabila pengguna membutuhkan sesuatu atau bertransaski di bank yang terpercaya atau mendapatkan informasi berhadiah atas nama bank terpercaya, pastikan alamat websitenya adalah alamat yang terverifikasi. Pengguna dapat mencarinya melalui pencarian Google.

    Salah satu tindakan untuk mengamankan server website yaitu Akun SSH PREMIUM dengan selalu menjaganya keamanan.Tips menjaga keamanan server yang pertama saat melakukan login server secara remote dengan bantuan Secure Shell (SSH).

    SSH adalah protokol jaringan yang dikelngkapi dengan fitur enkripsi kriptografi sehingga lebih aman saat melakukan login server dibandingkan login secara langsung.

    SSH menawarkan keamanan level tertinggi, sehingga sampai sekarang ini akses remote server menggunakan SSH adalah pilihan paling tepat dan juga SSH lebih ringan.

    Update tujuan utamanaya adalah menyempurnakan fitur-fitur yang ada dan menutup bug yang ada.

    Jadi jika sewaktu-waktu ada notifikasi update server lebih baik segera dilakukan saja, karena ini memiliki kaitan penting dengan keamanan server website.

    Server monitoring memungkinkan Anda memantau secara realtime keadaan server, jadi tidak perlu melakukan login dengan SSH untuk tahu keadaan server.

    Nantinya jika terjadi hal yang tidak wajar HIDESSH Anda bisa langsung action untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada server.

    Semua log layanan jaringan, log akses situs web, log server database (misalnya Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle) dan log sistem operasi harus dipantau dan sering diperiksa. File log cenderung memberikan semua informasi tentang upaya serangan, dan bahkan serangan yang berhasil, tetapi sebagian besar waktu ini diabaikan. 

    Jika seseorang melihat aktivitas aneh dari log, ini harus segera diteruskan sehingga masalah dapat diselidiki untuk melihat apa yang terjadi.

    Pemindai atau scanner Kerentanan Web Acunetix memastikan keamanan situs web dan server web dengan memeriksa Injeksi SQL, Skrip lintas situs, masalah konfigurasi server web, dan kerentanan lainnya. Ia memeriksa kekuatan kata sandi pada halaman otentikasi dan secara otomatis mengaudit keranjang belanja, formulir, konten Web 2.0 dinamis dan aplikasi web lainnya. 

    Saat pemindaian selesai, SSH perangkat lunak menghasilkan laporan terperinci yang menunjukkan di mana kerentanan ada.


    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel